Rabu, 25 Februari 2015

Prestasi dan Pembinaan


Prestasi pasti dicari baik untuk siswa maupun sekolah. Sebuah prestasi dapat menjadikan tolak ukur suksesnya sebuah pembinaan. Tapi apakah pembinaan dapat menghasilkan prestasi?????

Pembinaan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan secara kontinue dan mempunyai indikator tingkat pencapaian dalam kurun waktu tertentu. Pembina menjadi agen dan pembimbing serta mengarahkan dalam menyampaikan materi yang ingin dicapai dalam waktu tersebut. Pembinaan fisik maupun non fisik mempunyai karakteristik yang berbeda dari segi internal siswa. Penjaringan siswa untuk kegiatan non fisik yang disiapkan untuk kegiatan akademik  dapat diambil dari siswa yang memiliki kemampuan nilai dalam pembelajaran sedangkan kegiatan fisik dapat dilihat salah satunya melalui kegiatan olahraga dimana guru mampu membaca kekurangan dan kelebihan siswa.

Tidak menutup kemungkinan siswa yang baik di fisik  baik pula non fisik ataupun sebaliknya. Faktor yang terpenting adalah metode pembinaan. Pembina sudah mempunyai formula dalam rangka pembinaan yang akan dilaksanakan. Kesungguhan dan ketelitian dalam pembinaan menjadi awal hasil sebuah tindakan.

Pembinaan memang membutuhkan waktu yang panjang disaat serba mengalami kekurangan, namun tidak menutup kemungkinan pembinaan dalam waktu yang pendek mampu menghasilkan prestasi yang baik. Mari kita benahi sebuah proses yang menjadikan dasar sebuah hasil.