Rabu, 16 September 2015

coretan operator


Operator Sekolah sebagai Administrator
oleh Wahrudin


Sekolah sebagai salah satu institusi yang paling berperan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi obyek bagi pemerintah dalam memberikan informasi. Perkembangan teknologi harus mampu memberikan manfaat lebih baik pada kualitas pelayanan pemerintah khususnya dalam menentukan sebuah kebijakan yang objektif dan realistis.

Winda "Trimbil" Astuti
Tidak dipungkiri perkembangan teknologi tidak sebanding dengan peningkatan kualitas pelaksana aparatur pemerintah tak terkecuali di sekolah. Semakin banyak kegiatan pengolahan data dalam bentuk aplikasi secara online terhubungan ke internet maupun offline yang dikelola mandiri oleh sekolah.

Peran operator sekolah sebagai salah satu komponen tugas yang harus dimiliki administrator merupakan salah satu solusi bagi suksesnya kegiatan program pemerintah. Karena tidak dipungkiri di setiap sekolah tidak mempunyai bahkan tidak ada kompetensi bagi para tenaga pendidik dan kependidikan yang mampu melaksanakan atau diberikan tugas tambahan sebagai operator.

Optimalisasi peran operator bagi sekolah menjadi hal yang bisa dikembangkan bagi kepala sekolah dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan pendidikan. Kegiatan rutinitas operator yang terbatas dengan waktu pelaksanaan tugas setidaknya dapat dimanfaatkan oleh sekolah dalam rangka untuk mengembangkan diri sehingga sekolah mendapatkan nilai tambah.

Beberapa pemanfaatan kegiatan operator baik rutin seperti pendataan online dapodik, vervalpd dan sistem informasi lainnya yang harus dilakukan oleh sekolah namun ada beberapa kegiatan yang bisa dikembangkan seperti alpeka (penyusunan spj BOS, administrasi guru dan kepala sekolah, dll)  setidaknya mampu dilaksanakan oleh operator.


Namun kembali lagi kepada operator sekolah, apakah mereka mampu dan ingin mengembangkan diri dengan menyadari bahwa kita masih butuh pembelajaran dalam rangka menambah kemampuan dalam bidang teknologi informasi melalui kegiatan dan permasalahan di sekolah dimana latar belakang pendidikan operator sekolah yang berbeda-beda.

Pemerintah selaku pemangku kepentingan yang paling berharap suksesnya sebuah program melalui media teknologi informasi setidaknya mampu mengakomodir dan memberikan regulasi yang jelas bagi para tenaga operator sekolah. Kesamaan status dalam lingkup sekolah menjadi faktor penting bagi eksistensi para operator.




Tidak ada komentar: