Rabu, 25 Februari 2015

4M untuk Kepala Sekolah ku


Suhartono, S.Pd.SD

Kepala sekolah tak ubahnya sebagai seorang manajer, dimana pemberdayaan kemampuan yang ada ditujukan demi tercapainya apa yang sudah digariskan oleh sekolah dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan di masyarakat. Sekolah menjadi simbolisasi perilaku seorang kepala sekolah, dimana perlakuan terhadap sekolah menjadi tolak ukur kemampuan seorang kepala sekolah. 4 hal yang mungkin bisa kita pertimbangan dalam rangka pengelolaan sekolah antara lain:
1.Mengerti
Kepala sekolah sebelum melaksanakan tugasnya setidaknya sudah mengerti apa saja yang ada di sekolah tersebut, apa permasalahan, bagaimana karakternya dan sebagainya menjadikan dasar kepala sekolah untuk melaksanakan kegiatan dan menentukan langkah2 dalam rangka pembangunannya.
2. Mengawali
Kepala sekolah sebagai atasan setidaknya memberikan contoh dan teladan yang baik bagi warga sekolah. Dimana seorang kepala sekolah mengawali terlebih dahulu sesuatu yang dianggap baik dan menjadi rutinitas.
3. Mengawasi
Pengawasan merupakan salah satu kegiatan kontroling bagi suksesnya kegiatan sekolah agar tidak salah langkah. Pengawasan terhadap kinerja juga tak kalah penting, perlakuan adil dan berani dalam mengambil keputusan demi sekolah tidak dapat dikesampingkan karena alas an-alasan tertentu.
4. Mengayomi
Kegiatan di sekolah dirasa tak berbeda dengan kegiatan lain dimana setiap pelaku kegiatan tersebut mempunyai kepentingan dan permasalahan sendiri2. Kepala sekolah hendaknya mampu menjadi pengayom tanpa membedakan segala hal. Berbagai permasalahan dan kepentingan para PTK akan sangat berdampak pada kualitas mereka bekerja.

Dan bermacam-macam hal yang bisa menjadikan kepala sekolah mampu mengelola sekolah dengan baik dan benar sesuai dengan apa yang dicita-citakan.