Kepala sekolah tak ubahnya sebagai seorang manajer, dimana pemberdayaan
kemampuan yang ada ditujukan demi tercapainya apa yang sudah digariskan oleh
sekolah dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan di
masyarakat. Sekolah menjadi simbolisasi perilaku seorang kepala sekolah, dimana
perlakuan terhadap sekolah menjadi tolak ukur kemampuan seorang kepala sekolah.
4 hal yang mungkin bisa kita pertimbangan dalam rangka pengelolaan sekolah antara
lain:
1.Mengerti
Kepala sekolah sebelum melaksanakan tugasnya setidaknya sudah mengerti
apa saja yang ada di sekolah tersebut, apa permasalahan, bagaimana karakternya
dan sebagainya menjadikan dasar kepala sekolah untuk melaksanakan kegiatan dan
menentukan langkah2 dalam rangka pembangunannya.
2. Mengawali
Kepala sekolah sebagai atasan setidaknya memberikan contoh dan teladan
yang baik bagi warga sekolah. Dimana seorang kepala sekolah mengawali terlebih
dahulu sesuatu yang dianggap baik dan menjadi rutinitas.
3. Mengawasi
Pengawasan merupakan salah satu kegiatan kontroling bagi suksesnya
kegiatan sekolah agar tidak salah langkah. Pengawasan terhadap kinerja juga tak
kalah penting, perlakuan adil dan berani dalam mengambil keputusan demi sekolah
tidak dapat dikesampingkan karena alas an-alasan tertentu.
4. Mengayomi
Kegiatan di sekolah dirasa tak berbeda dengan kegiatan lain dimana
setiap pelaku kegiatan tersebut mempunyai kepentingan dan permasalahan
sendiri2. Kepala sekolah hendaknya mampu menjadi pengayom tanpa membedakan
segala hal. Berbagai permasalahan dan kepentingan para PTK akan sangat
berdampak pada kualitas mereka bekerja.
Dan bermacam-macam hal yang bisa menjadikan kepala sekolah mampu
mengelola sekolah dengan baik dan benar sesuai dengan apa yang dicita-citakan.